Islam merupakan agama yang berkembang pesat di negara Kanada

By | September 9, 2020

ISLAM DI KANADA

Sejarah Masuknya Islam dan Perkembangan Islam di Kanada

Kanada merupakan salah satu dari tujuh Negara industri maju didunia, yang terletak di Amerika Utara dengan luas wilayah 9.976.186 kilo meter persegi. Kanada juga merupakan Negara kedua terluas setelah Uni Soviet. Ibu kota Kanada adalah Ottawa, bahasa resmi Inggris, bentuk pemerintahannya monarki konstitusional, kepala Negara Ratu Inggris yang diwakili gubernur jendral, kepala pemerintahan perdana menteri, lagu kebangsaan O Canada.
Secara geografis Kanada berbatasan dengan samudera Atlantik di timur, samudera pasifik utara di timur, samudera Arktik di utara dan Amerika Serikat di selatan. penduduk asli Kanada adalah orang Inuit dan penduduk asli Amerika lainnya.[1]
Islam merupakan agama yang berkembang pesat di negara Kanada. Agama islam datang ke Kanada dibawa oleh para imigran. Para imigran datang ke Kanada dimulai pada tahun 1880 M. terutama dari Syiria Raya sensus di Kanada menyebutkan ada 13 muslim diantara populasinya saat itu. Kemudian, dari imigrasi pertama ini diikuti oleh imigrasi dari Albania dan Yugoslavia setelah perang dunia I. jumlah imigran muslim meningkat pesat sesudah perang dunia II termasuk daerah-daerah minoritas lain seperti Trinidad, Afrika Selatan Dan Fiji. Pada tahun 1980-an, Kanada menjadi tempat pelarian warga Lebanon karena terjadi perang saudara. Begitu pula pada tahun 1990-an, umat Islam Somalia dan Bosnia melarikan diri ke Kanada karena terjadi perang saudara. Di samping berasal dari negara-negara tersebut, para imigran muslim lain yang datang ke Kanada adalah dari Irak, Albania, Yaman, dan Bangladesh.[2]
Populasi umat islam di kanada terus meningkat. Seperti kebanyakan imigran Kanada lain, orang orang musim tinggal di Provinsi Ontario. Ada juga populasi Muslim yang signifikan di Provinsi Quebec dan British Colombia. Jumlah mereka terus berkembang pesat, Pada Mei 2001, terdapat 579.645 Muslim di Kanada atau sekitar dua persen dari total populasi. Populasi Muslim mengalami peningkatan paling signifikan selama 1991-2001, Yaitu dari 253.265 jiwa pada tahun 1991 menjadi 579.000 jiwa pada tahun 2001 atau sekitar 2,0% dari total jumlah penduduk Kanada. Pada tahun 2006, populasi muslim diperkirakan 0,8 juta atau sekitar 2,6%. Di tahun 2010, Pew Research Center memperkirakan ada sekitar 0,9 juta Muslim di Kanada. tahun 2010, Pew Research Center memperkirakan ada 0,9 juta muslim Sekitar di Kanada. Kemudian di tahun 2013 menurut survey rumah tangga nasional, populasi muslim mencapai 3,2 %.
Masjid pertama di Kanada didirikan di Alberta pada tahun 1938 dengan nama masjid Ar-rasyid. Masjid ini dibangun oleh oleh para imigran asal Libanon. Kemudian masjid dibangun pula dibeberapa kota di Ontario seperti Otawa dan Toronto lalu menyusul di kota-kota lainya. Kepengurusan masjid-masjid yang didirikan tersebut dipilih oleh masing-masing jamaahnya. Namun begitu ada pula masjid yang dikelola oleh organisasi yakni masjid Fatima. Masjid ini dikelola oleh organisasi The Muslim Community of Quebec (MCQ) pada tahun 1979. Masjid ini lebih bersifat kemasyarakatan, ada beberapa ruang untuk kuliah umum, kelompok diskusi dan kegiatan belajar anak–anak.


Sumber: https://scorpionchildofficial.com/